buterflay

buterflay

Selasa, 21 Januari 2014

Pengaruh Kemandirian Akademik terhadap Prestasi Mahasiswa

PENGARUH KEMANDIRIAN AKADEMIK
 TERHADAP PRESTASI MAHASISIWA
Oleh: Eka Yuli Indra Pratiwi
            Masa awal perkuliahan merupakan masa peralihan bagi seorang mahasiswa baru. Masa transisi ini memberikan kesulitan berupa perubahan secara signifikan pada metode maupun pola belajar. Untuk beradaptasi dengan baik, seorang mahasiswa baru dituntut untuk mampu membentuk kemandirian belajar. Pengelola lembaga pendidikan hingga dosen pengajar juga memiliki tanggung jawab besar untuk membantu proses transisi ini. Wujud bantuan itu berupa pelayanan akademik mencakup bimbingan yang memadai bagi mahasiswa.
            Mahasiswa umumnya memiliki sikap kebersamaan yang kuat namun ketika sudah memasuki semester emat (IV) keatas. Maka disitulah diperlukannya kemandirian dari seorang mahasiswa terutama kemandirian dalam bidang akademik yang nantinya akan mempengaruhi hasil dari prestasi mahasiswa tersebut. Mahasiswa yang giat dalam belajar dan tekun dalam mengikuti setiap perkuliahan dan aktif dikelas maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan seseuai dengan yang dia inginkan. Namun, sebaliknya bagimahasiswa yang tidak begitu giat belajar dan menganggap kuliah hanya ajang untuk menhilangkan kepenatan dirumah, karena mahasiswa yang seperti itu tidak memiliki kemandirian akademik seperti misal, jika ada tugas dari dosen untuk membuat makalah maka dia akan cendrung lepas tangan atas tanggung jawabnya. Mereka mungkin hanya akan numpang nama saja.
     Jika sikap mahasiswa yang kurang mandiridalamhalakademik itu dilanjutkan secara terus-menerus bagaimana dengan tugas akhirnya nanti yang mana mahasisiwa dituntun untuk mandiri dalam mengerjakan skripsinya karna skripsi merupakan hasil akhir mahasiswa secara individu dan bukan kelompok. bukankah dengan hasilnya sendiri mahasiswa akan merasa bangga dan puas karena itu merupakan bentuk keberhasilannya selama kuliah kurang lebih 8 semester. Sebelum akhirnya nanti diwisuda. Dalam kemandirian belajar, mahasiswa harus aktif dan tidak bergantung pada pengajar. Karena dengan belajar mandiri akan diperoleh pemahaman pengetahuan yang permanent sehingga akan berpengaruh pada pencapaian akademik mahasiswa.

  Sebagaimana kita tahu bahwa perilaku atau sikap mandiri seseorang tidak terbentuk secara mendadak, akan tetapi melalui proses sejak masa kanak-kanak. Semangat kemandirian akademis harus senantiasa dibangkitkan dalam diri pelajar atau mahasiswa. Meski dalam perilaku mandiri antara individu satu dengan individu yang lain berbeda. Hal ini karena dipengaruhi oleh banyak faktor, yakni faktor yang berasal dari luar (seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat) dan faktor dari dalam (fisiologis dan psikologis). Namun, kemandirian berpikir secara mandiri inilah yang diperlukan seseorang  untuk menjadikan dirinya sebagai manusia yang berkualitas di masa depan. Dengan harapan, mereka akan berguna bagi diri sendiri dan terlebih bagi masyarakat. Kemandirian akademik tidak dimiliki oleh mahasiswa karena kecenderungan mahasiswa merasa ragu akan kemampuan yang dimilikinya dan tidakyakin. Untuk menumbuhkan sikap kemandirian itu perluadanya motivasi dari keluarga, dosen bahkan teman-temannya. Karena kemandirian akademik itu juga sangat berpengaruh dalam prestasi mahasiswa tesebut. Dengan kemandiriannya mereka bisa mengukur sebagaimana peninggakatan mereka dalam akademiknya apakah menurun atau meningkat.
            Nemun jika mahasiswa memiliki kemauan yang kuat dan yakin akan kemampuannya maka dia dapat menghilangkan sikap kecenderungannya atau sikap ketergantungannya kepada orang lain. justru sikap yang kurang mandiri iu akan mengakibatkan seorang mahasiswa ragu akan potensi yang dimilikiya dan dia sulit untuk lepas dari bayang-bayang orang yang ada disekitarnya. Maka mahasisiwa harus selalu menumbuhkan sikap optimis, percaya diri akan kemampuan yang dimiliki. Karena masa depan seseorang itu tergantung pada orang itu sendiri. Usaha kita akan lebih terasa berharga jika itu merupakan hasil kita sendiri entah itu mendapatkan apresiasi yang baik dari orang ataupun apresiasi yang kurang menyenangkan. Namun itulah hasil dari kerja keras kita sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar